Monday, February 12, 2018

Power Supply, Pengertian, Jenis, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

DC Power Supply adalah suatu alat listrik yang dapat menyediakann tegangan maupun arus listrik, khusunya dalam bentuk DC (Direct Current). DC Power Supply pada umumnya berbentuk kotak dengan terdapat saklar On/Off dan dua lubang output di sisi depan DC Power Supply. DC Power Supply juga biasa disebut dengan catu daya.

Selain DC Power Supply, ada juga AC Power Supply. Bedanya AC Power Supply memberikan output berupa tegangan maupun arus listrik dalam bentuk AC (Alternating Current). Salah satu contohnya yaitu Genset. DC Power Supply memiliki Polaritas yang tetap yaitu positif dan negatif untuk bebannya. Sedangkan AC Power Supply mengubah suatu taraf tegangan AC ke taraf tegangan AC lainnya.

Beberapa jenis Power Supply Diantarnya :

  • Switch-Mode Power Supply (SMPS), adalah jenis Power Supply yang langsung menyearahkan (rectify) dan menyaring (filter) tegangan input AC untuk mendapatkan tegangan DC,
  • Programmable Power Supply, adalah jenis Power Supply yang pengoperasiannya dikendalikan oleh remote control melalui antar-muka (Interface) Input Analog maupun digital RS232 dan GPIB
  • Uninterruptible Power Supply (UPS), adalah Power Supply yang memiliki 2 sumber listrik yaitu tegangan input AC dan baterai yang terdapat didalamnya. Saat listrik normal, tegangan input secara simultan mengisi baterai dan menyediakan arus listrik untuk beban (Peralatan listrik). Tetapi jika terjadi mati listrik, maka baterai akan mengambil alih untuk menyediakan tegangan untuk peralatan listrik/elektronika yang dibutuhkan, dan
  • High Voltage Power Supply, yaitu Power Supply yang dapat menghasilkan tegangan tinggi hingga ratusan bahkan ribuan volt.
Cara kerja DC Power Supply, mula mula tegangan Input AC 220 Volt masuk ke Trafo Step Down sehingga tegangannya turun. Kemudian tegangan AC yang sudah turun akan masuk ke Diode Bridge (Rectifier) sehingga tegangan akan dibuat searah. Selanjutnya masuk ke Filter, dimana listrik akan diratakan sinyalnya yang keluar dari rectifier. Selanjutnya masuk ke Voltage Regulator agar tegangan dan arus DC yang didapatkan akan tetap dan stabil.


Pada dasarnya, Fungsi  utama Power Supply yaitu sebagai Penyedia energi listrik pada suatu perangkat. Selain itu, Power Supply juga bisa disebut sebagai 'Converter' dari tegangan listrik dari tegangan AC menuju ke tegangan DC yang leibh stabil.

Terima kasih atas kunjungannya, apabila anda memiliki kritik maupun saran, silahkan cantumkan pada kolom komentar.


EmoticonEmoticon